You are here: Home » ARTIKEL » MK akan Putuskan Sengketa Pilkada Palembang besok

MK akan Putuskan Sengketa Pilkada Palembang besok

Mahkamah-Konstitusi

 

 

PALEMBANG – sengketa pemilihan kepala tempat ( pilkada ) kota palembang tampaknya bakal segera berakhir. besok, senin ( 20/5/2013 ), majelis hakim di mahkamah konstitusi ( mk ) direncanakan membacakan putusannya di jakarta.

“Benar, rencananya besok  MK akan membacakan keputusan mereka terkait sengketa pilkada Palembang. Saya akan ke Jakarta siap-siap mendengarkan keputusan MK tersebut. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan apa pun hasilnya nanti bisa diterima dengan lapang dada oleh semua pihak,” ujar penasehat hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang, Alamsyah Hanafiah, Minggu (19/5/2013).

Dikatakan Alamsyah, kasus sengketa Pilkada Palembang ini berawal dari laporan pihak calon walikota dan wakil walikota nomor urut 2 yang juga merupakan wakil walikota Palembang sekarang yakni Romi Herton dan ketua DPRD Palembang, Harnojoyo. Pihak Romi-Harno mengklaim menemukan kecurangan pasangan nomor urut 3, mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Kadishubkominfo) Sumsel, Sarimuda  dalam proses pilkada Palembang 7 April lalu dengan menyebutkan menemukan pengelembungan surat suara untuk pasangan no 3 tersebut, dan pengurangan suara pada pasangan nomor urut 2.

Seperti diketahui, calon walikota dan wakil walikota  nomor urut 3, Sarimuda-Nelly Rasdiana diketahui keluar sebagai pasangan pemenang Pilkada Palembang 2013-2018 yang diputuskan oleh KPU pada 14 April lalu. Ketua umum Forum Amal Kemanusian (Fakem) Palembang Darussallam tersebut unggul atas rival terdekatnya, kandidat nomor urut 2, Romi-Hanrojoyo dengan selisih 8 suara.

sidang itu sendiri sudah menghadirkan info kurang lebih  30 saksi yang tahu ada kecurangan tersebut, yang datang dari ke-2 belah pihak, serta juga termohon ( kpu ). disamping itu juga kpu sudah menghadirkan 5 kotak nada di 5 tps yang lantas sengketa pemohon ( romi-harno ).

“Karena ini ada imbasnya ke kita juga (KPU Palembang, red), kita sudah sepatutnya mendukung keputusan KPU yang menetapkan pasangan Sarimuda-Nelly sebagai pemenang Pilkada Palembang 2013,” kata Alamsyah.

 

 

 

MK  akan  Putuskan  Sengketa  Pilkada  Palembang besok

Sumber: TRIBUNSUMSEL.COM,

Scroll To Top