KPU Sosialisasikan Aturan Kampanye Parpol dan Caleg

Share:
KPU Sosialisasikan Aturan Kampanye Parpol dan Caleg

KPU Sosialisasikan Aturan Kampanye Parpol dan Caleg

JAKARTA (Pos Kota) Komisi Pemilihan Umum (KPU) mensosialisasikan aturan baru mengenai pengaturan alat peraga kampanye partai politik dan calon legislatif (caleg).  Dalam sosilisasi  tersebut KPU tentukan  wilayah (zonasi) kampanye calon anggota legislatif DPR, DPD dan DPRD mulai diberlakukan di seluruh wilayah pada 28 September 2013 atau satu bulan sejak peraturan kampanye diundangkan.

Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 01 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksnaaan Kampanye Anggota DPR, DPD dan DPRD telah diundangkan pada tanggal 27 Agustus 2013 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsudin.

“Dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2013, KPU masih punya waktu satu bulan untuk mempersiapkan zonasi tersebut di tingkat daerah. KPU kabupaten-kota akan melakukan koordinasi pembentukan zonasi itu dengan pemerintah daerah masing-masing,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik dalam  sosialisasi Peraturan KPU kepada parpol di Jakarta, Senin (9/9/2013).

KPU mengatur mengenai pemasangan dan alat peraga kampanye bagi Caleg. “Alat peraga baliho itu hanya diperuntukan hanya untuk partai politik peserta pemilu. Peraturan kedua adalah tentang spanduk, untuk satu caleg satu spanduk untuk setiap zona,” kata Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansah.

Untuk penempatan zona, KPU akan berkordinasi dengan pemerintah daerah. Partai politik dan caleg diberikan waktu satu bulan, untuk menyesuaikan dengan aturan tersebut. “Proses penyesuaian satu bulan. Dari mulai digunakan kemarin dari 27 Agustus,” kata dia.

Ferry berjanji, akan membersihkan alat peraga kampanye yang tidak sesuai  aturan dengan berkoordinasi dengan Bawaslu. Namun, jika ada partai atau caleg yang melanggar, KPU hanya memberikan sanksi administratif.

“Sanksi administratif, teguran yang lebih keras dari pidana. Itu juga akan kami umumkan ke masyarakat,” katanya.

poskotanews.com

 

 

 

Advertisement
advertisement
KPU Sosialisasikan Aturan Kampanye Parpol dan Caleg | Irwandi | 4.5

Berita Lainnya