Cagub Maluku Akan Deklarasikan Pilkada yang aman dan Damai

Bibit Waluyo didampingi Sudijono menandatangani deklarasi pasangan calon gubernur dan calon wakil di Hotel Santika Primere, Semarang, Senin (4/3).

 

AMBON, – lima pasangan calon gubernur serta wakil gubernur maluku mendeklarasikan penentuan kepala area ( pilkada ) damai di tribun lapangan merdeka, ambon, rabu ( 22/5/2013 ). ada dalam deklarasi itu, gubernur maluku karel albert ralahalu, ketua kpud maluku idrus tatuhey, kapolda maluku brigjen muktiono dan tim sukses serta pendukung pasangan calon.

kelima pasangan calon itu ialah, pasangan no urut abdullah tuasikal-hendrik leweisa ( tulus ), pasangan no urut 2 jakobus putileihalat-arifin tetapi oyihoe ( bob – arif ), pasangan no 3 abdullah vanath-martin jhonas maspaitella ( damai ), pasangan no 4, herman koedoeboen daud sangadji ( mandat ), serta pasangan no urut 5 said assagaf-zeth sahuburua ( setia ).

Deklarasi dibacakan Zeth Sahuburua yang mewakili para pasangan calon. Usai mendeklarasikan Pilkada Damai, kelima pasangan menandatangani poin-poin yang telah disepakati.

Ikut dalam penandatangan kesepakatan itu juga Gubernur Maluku, Kapolda Maluku, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Ketua KPUD Maluku, dan Ketua Bawaslu Maluku.

Butir-butir deklarasi yang telah disepakati antara lain melaksanakan pilkada secara jujur adil dan bermartabat, siap memelihara situasi yang kondusif aman dan tentram serta sanggup mengendalikan masa pendukung, bersama aparat TNI Polri siap menjaga persatuan dan kesatuan, memastikan masa pendukung berkampanye sesuai norma-norma yang berlaku serta tidak melakukan penghinaan terhadap simbol-simbol SARA.

Usai penandatangan bersama, Gubernur Maluku kemudian membuka secara resmi kampanye damai ditandai dengan pawai bersama semua pasangan calon, tim sukses beserta masa pendukungnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para pasangan calon, datang dengan ratusan masa pendukungnya sambil berkonfoi terlebih dahulu di sejumlah kawasan di Ambon. Deklarasi dan pawai damai ini sendiri dikawal ketat ratusan aparat gabungan TNI dan polisi dengan senjata lengkap.

Ketua KPUD Maluku meminta semua pasangan calon dan tim sukses agar dapat menjaga kebersamaan dan tidak melanggar aturan selama masa kampanye. “Para calon gubernur dan wakil gubernur serta tim sukses agar dapat menjaga rambu-rambu dalam berkampanye nanti,” ungkap Idrus.

 

 

 

Cagub Maluku Akan  Deklarasikan Pilkada yang aman dan Damai

Sumber: KOMPAS.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

*